Silahkan Baca Artikel Dari Sya Semoga Bermanfaat,Jangan Lupa Komentar Sebagai Jejak Pembaca

Jumat, 22 Juli 2011

Goa Cerme Bantul


Jelajah goa ternyata mempunyai keasyikan tersendiri yang mungkin akan sulit dilupakan bagi Pencinta alam dan wisatawan. Daerah Istimewa Yogyakarta ternyata menyimpan banyak pontensi goa yang dapat dikembangkan sebagai tempat wisata. Disini penulis mencoba menginformasikan sedikit banyak goa-goa yang telah dikembangkan sebagai tempat wisata.

Goa selarong
Alamat : Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul

Di masa silam Goa Selarong merupakan markas besar dari laskar pangeran Diponegoro, dalam perjuangan melawan pemerintah Belanda antara tahun 1825-1830.beliau pindah ke Goa Selarong setalah rumahnya di Tegalrejo diserang dan dibakar habis oleh Belanda. Saat ini goa ini menjadi salah satu obyek wisata peningalan sejarah dengan pemandangan alam yang indah serta cocok untuk digunakan sebagai bumi perkemahan.
Objek ini berlokasi sekitar 14 km arah utara Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul dan berada di puncak bukit yang ditumbuhi banyak pohon jambu biji yang merupakan ciri khas dari objek tersebut.
Di sekitar Gua Selarong terdapat sentra kerajinan kayu yang menghasilkan patung, topeng dan lain-lain. Pemerintah Kabupaten Bantul sedang mengembangkan kawasan Gua Selarong sebagai objek agrowisata dengan tanaman jambu biji

Goa Cerme
Alamat : Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta

Goa Cerme terletak kira-kira sekitar 15 Km tenggara kota Bantul. Panjang gua ini seluruhnya kurang lebih 1,2 Km dan di dalamnya mengalir sungai bawah tanah yang aman buat kegiatan Caving. Ujung dari gua ini berupa Sendang diwilayah panggang.selain gua utama ada gua lain yang digunakan untuk tempat meditasi seperti Goa dalang, Goa Ledhek, Goa Badhut, dan Goa Kaum. Untuk mencapai depan gerbang Goa, pengunjung harus mendaki bukit melesati skitar759 anak tangga. Pada malam harinya pemandangan kota di sebelah utaranya terlihat indah dengan gemerlap lampu.

Goa Cerme berasal dari kata cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.

Goa ini termasuk goa yang panjang dan dalam. Daya tarik utama wisatawan dari Goa Cerme adalah keindahan stalagtit dan stalagmit serta banyaknya kelelawar di dalam gua selain aliran air bawah tanah tentunya. Lantai goa digenangi oleh air tanah dengan rata rata kedalaman air sekitar 1 hingga 1,5 meter. Goa ini terdiri dari banyak ruangan, seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan / paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung.

Goa Gajah
Alamat : Dusun Lemahbang. Mangunan, Dlingo, Bantul

Goa Gajah adalah goa karst yang merupakan bagian dari pegunungan seribu. bentuk goa ini horisontal dengan kedalaman yang sampai sekarang belum diketahui sehingga menjadi tantangan tersendiri utk penjelajahan goa. disebut goa gajah karena goa ini memiliki ciri adanya gumpalan batu yang menyerupai gajah.
Goa Gajah terletak sekitar 21 Km sebelah tenggara kota Bantul, letaknya di dusun lemahbang, mangunan, bantul.

Goa Jepang
Alamat : Dusun Ngreco, Desa seloharjo,pundong,bantul

Goa ini terletak sekitar 20 Km selatan kota bantul, tepatnya di dusunNgreco dan poyahan, desa Seloharjo, kecamatan pundong. Merupakan Goa buatan peninggalan Jepang zaman Perang Dunia II yang berfungsi sebagai sarana pertahanan.
Goa jepang merupakan peninggalan perang dunia IIdan berfungsi sebagai sarana pertahanan militer padea tahun 1942-1945 untuk melawan tetneara sekutu.disekitar kawasan ini ditemukan 18 bangunan bungker yang mempunyai fungsi beragam,misal sebagai tempat pengintaian, ruang tembak,ruang pertemuan, gudang dan dapur.

Goa ini dibuat juga dibangun untuk menghadapi serangan sekutu yang diperkirakan datang melalui pantai selatan. dibangun dengan bahan beton bertulang, semen dan batu padas. bunker-bunker yang ada dibangun saling berhubungan dan dihubungkan dengan parit perlindungan setinggi 1 m.

Taman Wisata Gua Kiskendo
Alamat : Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

Objek wisata Goa Kiskendo ini merupakan salah satu objek wisata pegunungan yang berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo berjarak kurang lebih 38 km dari Yogyakarta atau 21 km dari Kota Wates. Goa Kiskenda merupakan goa alam dibukit Menoreh. Menurut legenda ditempat ini pernah terjadi peperangan antara Sugriwo-Subali dan Mahesosuro-Lembusuro. Gambar relief perjuangan mereka terdapat di mulut goa yang mengambarkan kebenar an dapat mengalahkan kejahatan dan keangkuhan. Dilokasi Goa Kiskendo ini juga terdapat Goa Sumitro yang mempunyai mulut vertical dan horizontal. Legenda Goa Sumitro adalah sebagai tempat pertapaan Bambang Sumitra putra Arjuna dalam cerita Mahabaratha.
Di dalam goa Kiskendo ini banyak sekali dijumpai stalaktit dan stalagmit yang indah bentuknya. Dalam goa ini juga terdapat aliran air sungai bawah tanah yang dalam cerita pewayangan menggambarkan pertempuran antara Subali-Sugriwa dan Mahesasura- Lembusura yang mengalirkan air berwarna merah dan putih.









 

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar

Baca Juga